Mari Ikhtiarkan Konsep Syari’ah Dalam Nilai-Nilai Koperasi Dengan Menerapkan Prinsip Shiddiq Yang Mencerminkan Kejujuran, Akurasi Dan Akuntabilitas, Istiqamah Yang Mencerminkan Konsistensi, Komitmen Dan Loyalitas, Tabligh Yang Mencerminkan Transparansi, Kontrol, Edukatif, Dan Komunikatif, Amanah Yang Mencerminkan Kepercayaan, Integritas, Reputasi, Dan Kredibelitas, Fathanah Yang Mencerminkan Etos Profesional, Kompeten, Kreatif, Inovatif, Ri’ayah Yang Mencerminkan Semangat Solidaritas, Empati, Kepedulian, Awareness, Mas’uliyah Yang Mencerminkan Responsibilitas.

Rabu, 17 Desember 2014

Koperasi Syariah Baik Buat Semua


Ekonomi Tanpa Riba
Tak kenal maka tak sayang. Demikian pepatah lama mengatakan. Resistensi atau sikap menegasikan konsep ekonomi syariah pada sementara orang wajar saja karena belum mengenal substansinya. Tetapi ketika semua telah terbuka dan orang mau melihat isinya, barangkali rasa sayang akan lahir dan mentransformasi kesadaran yang lebih utuh untuk mencintai dan mempertimbangkan.


Pada dasarnya, konsep ekonomi atau Koperasi Syariah lebih mendasarkan pada moral baik agama ataupun masyarakat. Moral di sini lebih bermakna pada sikap humanisme yang menimbang rasa adil dan melihat kebaikan sebagai konsep intersubyektif yang inheren. Kesadaran bahwa manusia adalah mahluk solider sekaligus soliter. Anda boleh mencari keuntungan pribadi, tetapi keabsahan tersebut tidak lantas boleh mengabaikan kebutuhan yang sama atau rasa keadilan dari orang lain. Demikian itu kesimpulan moralnya.


Moral agama selanjutnya menegasikan konsep riba yang dirasakan tidak memiliki syarat sebagai rasa adil tersebut. Bahkan memiliki hasrat eksploitasi dan kapitalisme yang berlebihan. Dan agama sebagai otoritas transendental meletakkan wewenangnya pada porsi yang tepat. Melarang ummatnya untuk mempraktekkan riba. Dengan demikian riba menjadi haram hukumnya karena merusak kemanusiaan.

Secara umum praktek riba sebenarnya dilarang oleh semua agama samawi. Baik Islam, Nasrani dan Yahudi. Dalam Al-qur’an larangan riba diwakili pada ayat 275 surat Al-Baqarah dan ayat 130 dari surat Al-Imran, misalnya. Ayat tersebut menyebutkan: “Orang-orang yang makan {mengambil} riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran {tekanan} penyakit gila.”{275:Albaqarah} dan : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba…dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.”{130:Al-Imran}.

Di dalam kitab perjanjian lama kitab Exodus {Keluaran}pada pasal 22 ayat 25 disebutkan pula: “Jika engkau meminjamkan uang kepada salah seorang ummatku, orang yang miskin diantaramu, maka janganlah engkau berlaku sebagai seorang penagih hutang terhadap dia, janganlah engkau bebankan bunga uang kepadanya.” Kemudian di Deuteronomy {Kitab Ulangan} pasal 23 ayat 19 diperintahkan sebagai berikut: “Janganlah engkau membungakan uang kepada saudaramu, baik uang maupun bahan makanan, atau apapun yang dapat dibungakan…”

Perintah dalam ayat-ayat tersebut menunjukkan bahwa semua agama pada dasarnya melarang praktek riba atau membungakan uang, karena bertentangan dengan rasa kemanusiaan dan keadilan masyarakat sendiri. Dan pada dasarnya, konsep Koperasi Syariah berangkat dari semangat seperti itu. Konsep ekonomi syariah lebih menekankan pada praktek keadilan serta semangat humanisme –dan untuk itu haruslah bebas riba.

Bisnis Bermoral
Melalui konsep ekonomi tanpa riba tersebut, Koperasi Syariah kemudian menjalankan praktek ekonomi bisnisnya melalui elaborasi sistem yang mencerminkan sikap kejujuran, adil, amanah dan toleransi. Lantas Koperasi Syariah pun mengambil bentuk produk semisal tabungan investasi atau disebut simpanan mudharabah {simpanan bagi hasil atas usaha koperasi}, misalnya, dan lain sebagainya.

Dalam praktek investasi seperti itu, unsur keadilan lebih ditekankan. Karena pada dasarnya masing-masing pihak yang terlibat di dalam bisnis itu mendapatkan sesuai dengan proporsi masing-masing. Usaha untung, Anda mendapatkan keuntungan, usaha merugi semua ikut menanggung kerugian.

Di sisi lain, Koperasi Syariah menawarkan sebuah konsep yang memberikan rasa aman, rasa adil dan kesejahteraan bersama. Anda berhutang, misalnya, tak perlu lagi merasa cemas karena dibebani bunga yang subur layaknya benalu yang menghisap pohon utamanya. Dan karena dasar dari prinsip bisnis syariah adalah moral, maka praktek-praktek penghianatan atas nama keuntungan semata dapat pula dihindarkan sedemikian rupa.

Di samping itu, pada ghalibnya, konsep investasi sebagai penjabaran konsep ekonomi syariah –selain kemampuannya dalam berkompetisi dalam bisnis global, juga memiliki korelasi pada akses pengembangan usaha kecil menengah. Karena secara elan memiliki kesamaan dengan konsep ekonomi koperasi yang berjiwa kebersamaan dan dapat dilakukan pada setiap kelompok masyarakat.

Koperasi Syariah, dengan demikian adalah sebuah konsep tata kelola perilaku berbisnis yang tidak saja memiliki legitimasi moral secara horizontal. Tetapi sekaligus mempunyai kekuatan legitimasi secara vertikal trasendental. Moral agama atau pun moral yang berlaku pada masyarakat secara universal memberikan jaminan bahwa Koperasi Syariah dibutuhkan oleh semua orang sebagai konsep yang dapat dipertimbangkan oleh siapa saja. Baik Muslim, Nasrani atau siapa pun Anda. Karena dengan berbasis moral seperti itu, maka bisnis Anda akan mampu berelaborasi, bertahan dan berkembang.

Sumber : http://unukaltim.com/

6 komentar:

adinninternet mengatakan...

mohon infonya sy budtuh suntikan dana untuk penambahan modal usaha warnet sy,,,yg baru memiliki 10 komputer client n 1 server,,,,prosfek di sini sangat bagus dan ramai,,,saya sudah buka usaha 1.5 tahun,,,,,sy enggan pinjam di lain karena di bebani bunga yg besar.....sy ingin pinjam modal tidak banyak hanya 2jt,,,sy minat karena koprasi ini syariah.....alamat usaha saya di jl gotong royong no 16 a presak tempit ampenan.....Hp. 081 8057 100 99 nama usaha sy adi internet

atas perhatiaannya terima kasih

jurjanibude0811@gmail.com mengatakan...

Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya terbakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa kreditur dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

IVANA LUKA mengatakan...

Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tidak lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu !! Kami meminjamkan kepada perusahaan, entitas swasta dan individu dengan bunga rendah dan harga terjangkau 2%. Anda bisa menghubungi kami melalui e-mail via: (ivanaluka04@gmail.com)

APLIKASI DATA

1) nama ...........................
2) Negara .......................
3) Alamat ......................
4) Jenis Kelamin ........................
5) status perkawinan .............
6) Bekerja ................
7) Nomor Telepon ...........
8) posisi di tempat kerja .....
9) penghasilan bulanan ....................
10) total pinjaman .........
11) durasi pinjaman .....
12) Tujuan pinjaman ..................
13) Tanggal lahir ........................

Terima kasih.

Arnah Nana mengatakan...

AKU HANYA HARUS MEMILIKI SETIAP SATU MELIHAT INI, DAN BAGIAN DALAM TRANSFORMASI BAIK INI !!

Nama saya Arna dari kota jakarta di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk meredakan kewaspadaan mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari Uang, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 7 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berulang kali meminta bayaran, saya membayar hampir 7 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman,

Tuhan kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang biasa meminjam, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya pada Ibu Elizabeth, CEO perusahaan pinjaman Elizabeth dan saya mengajukan 300 juta, saya pikir itu adalah sebuah lelucon. dan penipuan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya telah diselamatkan dari kemiskinan, saya meminta Anda semua yang tertarik untuk membuat pinjaman di seluruh ASIA dan seluruh kata, orang terbaik untuk dihubungi adalah ibu ELIZABETH dan saya bersumpah kepada ALLAH yang maha kuasa bahwa semua masalahmu akan berakhir

jadi saya menyarankan semua penghuni di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
Ibu Elizabeth melalui email: (elizabethchristopherloan@gmail.com)

Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (arnahnana01@gmail.com)

sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya dan ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran atapi jangan lupa untuk menghubungi ibu.

Wani Binti Yasin mengatakan...

Halo,
Allah SWT telah begitu setia kepada saya dan seluruh isi rumah saya untuk menggunakan Ibu Margaret untuk mengubah keadaan kewangan saya menjadi lebih baik dan stabil yang sekarang saya memiliki perniagaan saya sendiri di bandar
Nama saya Wani Binti Yasin dari bandar kuala di Malaysia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu Margaret kerana membantu saya dengan pinjaman yang baik selepas saya telah membantah di tangan pemberi pinjaman dalam talian pinjaman palsu yang menipu saya untuk wang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya telah memerlukan pinjaman untuk 2 tahun yang lalu untuk memulakan perniagaan saya sendiri di bandar Kuala di mana saya tinggal dan saya jatuh ke tangan sebuah syarikat palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman dan saya sangat frustrasted kerana saya kehilangan semua wang saya untuk syarikat palsu di India, kerana ini, saya telah hutang kepada bank dan kawan-kawan saya dan saya tidak ada orang untuk berlari, sehingga satu hari yang setia bahawa seorang kawan saya dipanggil Nur Syarah setelah membaca keterangannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari syarikat pinjaman Ibu Margaret, jadi saya harus menghubungi Nur syarah dan dia memberitahu saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu Margaret bahawa dia adalah seorang ibu yang baik dan saya perlu memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu Margaret dan mengejutkan saya pinjaman saya diproses dan diluluskan dan dalam masa 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akaun saya dan saya sangat terkejut bahawa ini adalah keajaiban dan saya perlu memberi keterangan mengenai kerja baik Ibu Margaret
jadi saya nasihat semua orang yang memerlukan pinjaman untuk menghubungi syarikat pinjaman ibu Margaret melalui e-mel: margaretpedroloancompany@gmail.com dan saya memberi jaminan bahawa anda akan memberi keterangan seperti saya telah lakukan dan anda juga dapat menghubungi saya untuk mendapatkan maklumat lanjut tentang ibu Margaret melalui saya e-mel: wanibintiyasin@gmail.com dan anda masih boleh menghubungi rakan saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ibu Margaret melalui e-mel: nursyarah36@gmail.com
semoga Allah terus memberkati dan Memperkasa Ibu Margaret kerana mengubah kehidupan kewangan saya.

Global Fund Foundation mengatakan...

Selamat siang

ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL:globalfundfoundation9@gmail.com
BBM: D8633B93

Posting Komentar

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates